Cara Menghemat Baterai Android








Sebenarnya cara menghemat baterai android sangatlah sederhana, kita hanya melakukan beberapa langkah didalam setelah smartphone android sehingga efeknya membuat baterai android lebih tahan lama.
Baterai smartphone memang terkenal tidak tahan lama dalam masalah baterainya, bahkan beberapa perangkat android memiliki daya tahan baterai yang sangat lemah.
Mengetahui lebih dalam tentang baterai android
Yang pertama bahas dulu masalah bahan baterainya, kebanyakan smartphone mempunyai baterai lithium-ion atau baterai lithium-polymer.
Kedua bahan tersebut tidak mempunyai ‘memori’, yang berarti anda bisa mengisi ponsel saat kondisi baterai berapa persen, tidak melulu menunggu baterai hingga 

1. Matikan Semua Animasi

cara menghemat baterai yang boros
Kami yakin hal satu ini sering tidak kita perhatikan, sadarkah anda kalau setiap tindakan di perangkat android ada animasi nya juga?.
Nah kenyataannya animasi ini membuat baterai android cepat habis terkuras. Sehingga lebih baik kita percepat saja animasi di android kita masing-masing.
Untuk melakukan pengaturan ini, kita harus mengakses “menu rahasia” yang ada di setelah perangkat android. Dibawah ini langkahnya:
  1. Buka setelan.
  2. Geser kebawah dan pilih “About Phone”.
  3. Klik “Software Information”
  4. Geser kebawah dan tekan “Nomor bentukan” atau “Build Number” 7 kali.
  5. “Sekarang Anda adalah Pengembang”, anda akan mendapat pesan seperti itu.
  6. Sekarang kembali ke setelah dan anda akan melihat pengaturan baru: Opsi pengembang.
Setelah menu rahasia aktif, berikut panduan untuk mengurangi atau menghapus animasi yang ada di perangkat:
  1. Buka Opsi pengembang.
  2. Geser kebawah sampai dan pilih Skala animasi jendela dan pilih 0,5.
  3. Pilih “Skala animasi transisi” dan pilih 0,5.
  4. Pilih “durasi animator” dan pilih 0,5.
Perubahan akan berlaku dan tidak perlu merestart handphone. Silahkan anda rasakan perbedaannya. Animasi yang berkurang membantu menghemat masa penggunaan baterai sehingga lebih awet.
Kami ingin tanya sebentar, apakah hp anda pernah terkena air? Apabila air tersebut masuk ke dalam perangkat hp maka dikhawatirkan akan menyebabkan gangguan-gangguan di hp seperti baterai dan lainnya

2. Nonaktifkan Fitur OK Google

OK Google
Ketika tampilan smartphone sudah dalam kondisi tidur, hal tersebut tidak berarti baterai perangkat android tidak berkurang.
Salah satu yang menjadikan baterai android cepat habis adalah fitur OK Google. Apalagi jika anda mengizinkan perintah “Ok Google” untuk mengaktifkan pernagkat android anda.
Tentu saja akan membuat baterai cepat habis.
Pilihannya dengan menonaktifkan fitur ok google sehingga aplikasi yang berjalan di latar belakang tidak terlalu banyak.
Cara menghemat baterai android dengan mematikan fitur “Ok Google”:
  1. Buka google app.
  2. Geser ke kiri dan pilih pengaturan.
  3. Pilih voice (suara) > “Ok Google”.
  4. Selalu matikan.

3. Aktifkan Mode Penghemat Baterai

Mode Hemat Daya
Walau membatasi kinerja smartphone android, menggunakan mode hemat baterai menjadi pilihan yang cerdas untuk kita yang ingin menghemat baterai android.
Kita bisa mengatur secara otomatis mode hemat baterai setelah baterai menunjukan beberapa persen saja. Saya sendiri selalu mengaktifkan mode hemat baterai, sehingga baterai android tahan lama.
  1. Masuk ke pengaturan > Power Management.
  2. Power Saver.
  3. Aktifkan smart saving.
  4. Pilih Ultra-saving modeoptimized mode, atau customized mode.
  5. Selesai

4. Jangan Terlalu Banyak Widget

Widget Android
Inilah salah satu hal yang saya pribadi tidak suka, yaitu “banyak widget”.
Anda tidak perlu menambahkan banyak widget ke dalam perangkat android, terutama widget seperti cuaca, gmail, bookmark, manager tugas, dan lainnya.
Karena semakin banyak widget, maka semakin cepat pula baterai android habis. Karena widget tersebut terus melakukan sinkronisasi dan terus diperbaharui, seperti cuaca, gmail, dan sosial media.
Selain itu, tidak terlalu banyak widget juga membuat tanpilan android kita lebih simpel dan tentunya mudah untuk navigasi.

5. Nonaktifkan Sinkronisasi Otomatis

Kita perlu menonaktifkan sinkronisasi otomatis untuk akun yang tidak terlalu dibutuhkan. Tanpa kita sadari, ada faktor yang menyebabkan baterai android cepat habis. Yaitu ketika kita menggunakan banyak aplikasi, terutama Google apps.
Google apps akan melakukan beberapa sinkronisasi di belakangnya, dan saya rasa tidak semua dari anda yang membutuhkan hal tersebut.
Untuk itu, sebaiknya kita mematikan saja sinkronisasi otomatis untuk aplikasi yang tidak diperlukan.
Caranya gimana?
  1. Masuk ke pengaturan > akun.
  2. Pilih aplikasi untuk melihat aplikasi apa yang telah di sinkronisasi (salah satu yang terbesar adalah Google).
  3. Di bawah Google, Anda akan menemukan daftar panjang aplikasi.
  4. Nonaktifkan aplikasi yang tidak anda gunakan.
Cara ini bisa dilakukan hampir untuk semua app yang mengharuskan anda login ke akun. Tetapi tidak semua app memungkinkan untuk dinonaktifkan.

6. Selalu Update Aplikasi

cara menghemat baterai hp xiaomi
Pasti banyak aplikasi yang anda install lewat playstore. Usahakan perbaharui selalu aplikasi yang sudah terinstall, mengapa? karena para developers terus memperbaiki bug dan mengoptimasi aplikasi mereka.
Sebuah aplikasi yang usang, bisa dikatan buruk, dan bisa menjadi faktor baterai android menjadi boros. Anda tidak perlu repot-repot mengupdate aplikasi satu persatu karena disediakan fitur “update otomatis” di Playstore.
Caranya setting update otomatis:
  1. Buka Google Play Store.
  2. Ke Setelan > Update aplikasi secara otomatis.
  3. Kami merekomendasikan untuk memilih “Update aplikasi secara otomatis hanya melalui Wi-Fi“.

7. Aturan Kecerahan Layar Android Secara Manual

Kecerahan Layar Android
Semua perangkat android hadir dengan pengaturan kecerahan layar. Kebanyakan orang lebih memilih menggunakan pengaturan “otomatis” atau “auto”, dimana layar akan menyesuaikan kecerahan ketika situasi tertentu.
Karena auto brightness atau kecerahan otomatis sangat menguras baterai, maka lebih baik anda mengatur kecerahan layar secara manual.
Jika anda ingin kontrol yang lebih terhadap pengaturan kecerahan otomatis, anda bisa menginstall bantuan aplikasi seperti Velis Auto Brightness yang bisa didapatkan di playstore.

8. Install Aplikasi Greenify

aplikasi untuk menghemat baterai
Download aplikasi ini di Playstore
Kami rasa ada banyak aplikasi yang bisa digunakan untuk memaksimalkan kinerja baterai, tetapi disini kami hanya merekomendasikan satu aplikasi yaitu “Greenify“.
Aplikasi ini bisa mengidentifikasi dan menghibernasikan aplikasi ketika tidak digunakan. Aplikasi ini tidak “memberhentikan” kinerja aplikasi lain, melainkan bisa melanjutkan aplikasi ketika dibuka kembali.
Setidaknya Greenify bisa membantu mendeteksi masalah aplikasi-aplikasi, sehingga kamu bisa menonaktifkan bahkan menghapus aplikasi yang menguras baterai.

9. Jangan Mengaktifkan Tethering

Tethering atau Hotspot Wi-Fi portabel sangat menguras baterai! saya sudah membuktikannya sendiri karena hampir setiap hari saya melakukannya. Jadi cara menghemat baterai android dengan tidak menyalakan tethering.
Mungkin di kampus atau sekolah anda, banyak teman anda yang minta untuk tethering, tetapi sebaiknya ketika baterai android tidak terlalu banyak maka sebaiknya anda tidak perlu.

10. Matikan GPS

cara menghemat baterai hp advan
Saya pribadi lebih sering mematikan GPS daripada mengaktifkannya, alasannya disaat GPS aktif maka secara otomatis dimanapun kita berada maka lokasi kita akan terus diperbaharui, hal ini tentunya akan membuat baterai android tidak awet.
Saran saya, aktifkan GPS ketika benar-benar membutuhkannya. Seperti ketika akan menggunakan Google Maps, atau ketika ingin tag lokasi ketika ingin mengirimkan story atau feed ke instagram.

11. Gunakan Wallpaper Hitam

Alasan mengapa menggunakan wallpaper hitam bisa lebih menghemat baterai android karena warna dan kecerahan layar berpengaruh terhadap pengurasan baterai.
Ada 2 tipe layar yaitu LCD dan AMOLED. Kalau jenis layar smartphone anda LCD, anda tidak usah terlalu khawatir tentang hal ini, tetapi untuk layar AMOLED (terutama samsung), kamu perlu perhatikan ini.
Layar jenis AMOLED bekerja dengan illuminating individual pixels. Yang berarti bahwa warna hitam atau abu-abu (warna gelap) tidak memerlukan banyak penerangan seperti warna putih dan warna cerah yang lain.
Setting wallpaper hitam sangat mudah, anda bisa download gambar hitam diatas. Cara setting wallpaper:
  1. Tekan layar beranda cukup lama
  2. Pilih wallpaper
  3. Pilih galeri
  4. Klik wallpaper hitam
  5. Simpan
Perlu diketahui, cara ini tidak memberikan banyak perubahan untuk perangkat anda, tetapi ini adalah cara tepat untuk menghemat beberapa persen baterai.

12. Atur Layar sehingga Mati Lebih Cepat

cara menghemat baterai lenovo
Kita semua setuju bahwa tampilan di android adalah salah satu faktor yang paling banyak menguras baterai. Tetapi mudah untuk mengakalinya, kita hanya perlu mengatur waktu tidur layar.
Perangkat android mempunyai beberapa pilihan pengaturan, mulai dari 15 detik, 30 detik, 1 menit, 2 menit, bahkan pilihan “never” alias layar tidak bisa tidur secara otomatis, melainkan harus dilakukan manual.
Cara mengatur waktu tidur layar:
  1. Pergi ke pengaturan
  2. Tampilan
  3. Tidur
  4. Pilih waktu
  5. Taraaa!

13. Selalu gunakan tema gelap

Kita sudah berbicara diatas tentang bagaimana baterai bisa dioptimalkan dengan menggunakan wallpaper hitam. Logikanya, hal itu juga berlaku untuk aplikasi.
Lagi-lagi, jika telepon anda berjenis AMOLED, sebaiknya anda selalu gunakan tema gelap. OEM seperti LG dan Samsung mulai melakukan integrasi terhadap beberpaa jenis tema di berbagai smartphone mereka. Beberapa tema ini ada yang gratis ada juga yang berbayar.

14. Matikan hal-hal yang jarang digunakan

cara menghemat baterai hp asus
Mengapa ini termasuk salah satu cara menghemat baterai android? Pernahkah anda mendengar orang tua anda berkata “jika sudah tidak digunakan, matikan itu nak!” atau “matikan lampu nak ketika keluar ruangan!”. Logika yang seperti itu juga berlaku di perangkat android.
Hal-hal itu seperti Bluetooth, NFC, dan WiFi, karena ketiga hal tersebut mempunyai efek yang besar terhadap penggunakan baterai. Maka dari itu sebaiknya matikan fitur-fitur tersebut ketika tidak digunakan.
Caranya super gambar, kamu tinggal “swipe” layar kebawah dan bilah turun (pengaturan cepat) akan keluar. Dan perlu anda tahu bahwa WiFi merupakan salah satu faktor penguras baterai yang paling besar.
Ketika anda membiarkan WiFi terus menerus menyala, maka perangkat android akan terus menerus mencari koneksi WiFi dan tentu saja ini sangat membuat baterai boros.

15. Gunakan Modus Pesawat

Anda mungkin pernah naik pesawat dan mendengar pramugari mengatakan agar penumpang mematikan semua telepon atau mengaktifkan mode pesawat.
Ternyata menggunakan mode pesawat bisa menghemat baterai android. Karena mode pesawat otomatis akan menonaktifkan data seluler, wifi, dan sinyal kartu sim.
Anda bisa mengaktifkan modus pesawat ketika santai dan tidak banyak kegiatan.

16. Gunakan Fitur “Doze” di Android 6.0

cara menghemat baterai android terbaru
Jika anda pengguna android 6.0 marshmallow bergembiralah, karena google menambahkan satu fitur yang bagus untuk menghemat baterai android, fitur tersebut disebut “Doze“.
Doze ini bisa membuat baterai android tahan lama, bahkan saat baterai akan habis atau ngedrop.
Ketika smartphone android tidur, Doze akan otomatis bekerja. Dan senangnya kita masih bisa mendapatkan notifikasi dari aplikasi-aplikasi penting.
Dibalik kelebihannya, terdapat satu kekurangan Doze. Doze hanya bekerja ketika smartphone android benar-benar diam.
Sehingga Doze tidak akan bekerja ketika anda menaruh android di saku dan jalan-jalan sepanjang hari.Tetapi dengan keterbatasannya, fitur Doze sangat mengagumkan!.

17. Gunakan Powerbank

Sudah bukan hal asing lagi kalau powerbank sangat bermanfaat untuk membuat handphone android tetap menyala walaupun tidak ada colokan listrik.
Ada banyak pilihan powerbank dengan berbagai kapasitas yang bisa membantu android anda tetap menyala. Semakin besar kapasitas powerbank, semakin awet juga energi yang tersimpan didalamnya.

18. Aktifkan pemberitahuan di layar kunci

cara menghemat baterai android root
Fitur ini selain memudahkan pengguna untuk melihat notifikasi dengan simpel, ternyata juga bisa membuat baterai android tahan lama.
Mengapa? karena kita tidak perlu masuk ke android dan hanya melihat layar kunci saja. Jika ada hal yang penting, baru kita buka.

19. Nonaktifkan Fitur Pintar

Anda pasti sering melihat fitur rotasi otomatis atau dalam bahasa inggrisnya “auto rotation”. Fitur ini akan membuat layar menyesuaikan posisi kita.
Tetapi ketika kita tidak sering menggunakannya, kami sarankan anda untuk mematikan saja fitur ini.
Selain itu, di perangkat samsung kelas atas dan sejenisnya ada juga fitur “Air gesture”. Lagi-lagi lebih baik fitur tersebut dimatikan walau cukup bermanfaat untuk kita.
Karena fitur-fitur tersebut bisa menguras baterai sehingga cepat habis.

20. Nonaktifkan Getaran dan umpan balik

Fitur getaran pada perangkat android juga menjadi salah satu faktor yang membuat baterai android tidak tahan 
Untuk itu, matikan saja getaran atau vibrate. Cukup gunakan suara saja untuk menerima notifikasi telepon, sms, dan feedback (umpan balik)
Cara menghemat baterai android ini bisa digunakan untuk semua merek hp seperti smartfren, samsung, oppo, lenovo, asus, advan, dan merek lainnya. Sehingga ini adalah cara efektif membuat baterai android tahan lama

Related Posts:

0 Response to "Cara Menghemat Baterai Android"

Post a Comment